Senin, 07 Februari 2011

Mahatma Gandhi



Biografi Mahatma Gandhi
Gandhi lahir pada 2 Oktober 1869 di negara bagian Gujarat di India. Beberapa dari anggota keluarganya bekerja pada pihak pemerintah. Saat remaja, Gandhi pindah ke Inggris untuk mempelajari hukum. Setelah dia menjadi pengacara, dia pergi ke Afrika Selatan, sebuah koloni Inggris, di mana dia mengalami diskriminasi ras yang dinamakan apartheid. Dia kemudian memutuskan untuk menjadi seorang aktivis politik agar dapat mengubah hukum-hukum yang diskriminatif tersebut. Gandhi pun membentuk sebuah gerakan non-kekerasan.


Ketika kembali ke India, dia membantu dalam proses kemerdekaan India dari jajahan Inggris; hal ini memberikan inspirasi bagi rakyat di koloni-koloni lainnya agar berjuang mendapatkan kemerdekaannya dan memecah Kemaharajaan Britania untuk kemudian membentuk Persemakmuran.

Rakyat dari agama dan suku yang berbeda yang hidup di India kala itu yakin bahwa India perlu dipecah menjadi beberapa negara agar kelompok yang berbeda dapat mempunyai negara mereka sendiri. Banyak yang ingin agar para pemeluk agama Hindu dan Islam mempunyai negara sendiri. Gandhi adalah seorang Hindu namun dia menyukai pemikiran-pemikiran dari agama-agama lain termasuk Islam dan Kristen. Dia percaya bahwa manusia dari segala agama harus mempunyai hak yang sama dan hidup bersama secara damai di dalam satu negara.Pada 1947, India menjadi merdeka dan pecah menjadi dua negara, India dan Pakistan. Hal ini tidak disetujui Gandhi.

Prinsip Gandhi, satyagraha, sering diterjemahkan sebagai "jalan yang benar" atau "jalan menuju kebenaran", telah menginspirasi berbagai generasi aktivis-aktivis demokrasi dan anti-rasisme seperti Martin Luther King, Jr. dan Nelson Mandela. Gandhi sering mengatakan kalau nilai-nilai ajarannya sangat sederhana, yang berdasarkan kepercayaan Hindu tradisional: kebenaran (satya), dan non-kekerasan (ahimsa).Pada 30 Januari 1948, Gandhi dibunuh seorang lelaki Hindu yang marah kepada Gandhi karena ia terlalu memihak kepada Muslim.

http://id.wikipedia.org/wiki/Mahatma_Gandhi

Perubahan adalah sesuatu yang kekal dan pasti. Sejarah akan selalu mengenang apa yang dinamakan perubahan itu sendiri. "Bagaimana hubungan perubahan dengan kita? "untuk menjawab pertanyaan tersebut kita kaitkan dengan pertanyaan "Dimana kita dan apa yang kita lakukan dengan perubahan tersebut?" Menikmati, menjadi korban, tidak menyadari perubahan atau menjadi bagian dalam terwujudnya perubahan. Mahatma Gandhi adalah salah satu aktor dalam perubahan yang banyak menginspirasi dunia dengan apa yang telah ia lakukan pada bangsa India.
Saat ini kita mungkin merasa tidak mungkin untuk menjadi aktor dalam perubahan. Mungkin hal itu disebabkan karena lingkungan, gaya hidup yang moderen, tuntutan dalm kehidupan. Akan tetapi untuk memulai perubahan tidak selalu harus yang besar. INGAT sesuatu yang besar selalu dimulai dari yang kecil, hal ini dimaksudkan bahwa untuk memulai perubahan yang besar mari kita memulai dari perubahan yang kecil.
Bagaimana Indonesia bisa berubah? inspirasi dari Gandhi dapat masuk kedalam diri kita dan mari menjadi Gandhi'nya Indonesia. So saat kita sudah pernah mulai berfikir untuk melakukan perubahan jagan merasa itu adalah hal yang sia - sia. Saat kita mulai dari perubahan kecil yang dirasakan orang lain maka setiap perubahan kecil tersebut akan terkumpul dan nantinya perubahan yang besar pun akan terjadi dan menjadi berkat bagi bangsa Indonesia. Mari kita berpikir dan mulai bertindak untuk melakukan perubahan yang positif.

"untuk merubah orang lain harus diawali dari perubahan diri sendiri"

REFLEKSI, RENUNGAN, INSPIRATIF
PONDOK DAUD

Artikel Terkait

5 komentar:

  1. terimakasih sudah meninggalkan jejak di laman saya. bila berkenan, silakan singgah lagi :)

    BalasHapus
  2. mahatma gandhi, pahlawan India

    BalasHapus
  3. Orang yang seperti Ngkong Mahatma Gandhi ini nih yang dibutuhin di Indonesia. Biar nggak makin kacau negara ini. Peace!

    BalasHapus
  4. bener banget mbak
    india beruntung mempunyai sosok seperti dia

    BalasHapus
  5. mahatma gandhi, agent of change.
    mantap:D

    BalasHapus